Minggu, 04 Januari 2015

PENGALAMAN PRIBADI BAB 9



PENGALAMAN PRIBADI

Pengalaman pribadi saya tentang agama dan masyarakat adalah pada saat saya aktif dalam organisasi OMK (Orang Muda Katolik). Orang muda Katolik sering dijuluki sebagai bunga Gereja dan harapan bangsa, sebab di pundak orang muda Katolik juga terpatri berjuta harapan semua pihak baik keluarga, Gereja maupun bangsa dan negara. Masa muda merupakan masa yang penuh tantangan sejalan dengan siapa orang muda Katolik, bagaimana dengan perkembangan imannya sebagai anggota Gereja Katolik dan fungsi mereka dalam hidup menggereja dan berbangsa. Saya beragama katolik dan saya ingin bergabung dalam orang muda katolik karena saya pribadi ingin mempunyai banyak teman dan aktif dalam kegiatan yang diadakan pada organisasi tersebut. Pada saat saya bergabung dengan OMK, banyak pengalaman yang saya lewati seperti menjadikan saya sering mengikuti doa lingkungan. Doa lingkungan adalah doa yang dilakukan oleh umat Katolik yang berada di sebuah lingkungan Katolik, yang biasanya dilaksanakan di rumah-rumah secara bergiliran. Doa lingkungan dapat berupa ibadat sabda, sharing Kitab Suci dan devosi-devosi kepada orang kudus, terutama devosi kepada Bunda Maria dalam doa rosario. Doa lingkungan juga dapat bermanfaat sebagai wadah pertemuan antar umat, untuk membentuk suatu persaudaraan kasih. Pengalaman lainnya adalah ketika saya mengikuti retret, Tujuan retret adalah untuk mencapai “kesehatan” rohani  bersama Orang Muda Katolik lainnya, sehingga mampu menghayati hidup dan panggilannnya sesuai dengan potensi rohani secara optimal, mengenal diri secara lebih utuh dan berani serta mengadakan pertobatan. Berdasarkan pokok pemikiran tujuan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan retret adalah untuk mengembangkan kecakapan, kesalehan dan kemampuan rohani pribadi, agar lebih lebih mengenal diri dan panggilannya, supaya lebih mengenal Allah beserta cinta, karya dan panggilanNya, serta untuk mengembangkan kepekaan dan kemampuan menanggapi sapaan atau panggilan Tuhan dalam hidup sehari-hari, sehingga mempunyai arah yang jelas, penuh semangat dan keteguhan serta kegembiraan dalam menjalankan berbagai kegiatan hidup sehari-hari didalam bermasyarakat. Pengalaman yang paling saya kenang adalah pada saat saya mengikuti kegiatan rekoleksi karena kegiatan tersebut diikuti banyak orang dan acaranya seru. Rekoleksi juga bertujuan melatih kemampuan Orang Muda Katolik untuk mengenal, menyadari kasih, karya dan panggilan serta sikap dan tanggapan pribadi mereka, sehingga iman mereka semakin matang, serta dapat menghayati tugas panggilan mereka secara penuh tanggung jawab, semangat, gembira dan tangguh.Melalui rekoleksi, Orang Muda Katolik dibawa ke alam refleksi perihal kehidupan pribadi. Mereka diharapkan mampu mengolah diri, dengan mengumpulkan berbagai pengalaman harian, baik yang menggembirakan maupun yang menyedihkan; dan akhirnya menyerahkan berbagai “beban” dan kebahagiaan serta harapan kepada Allah. Mereka mesti memandang hidup ini sebagai anugerah Tuhan yang harus disyukuri. Oleh karena itu, sikap doa, kontemplasi dan refleksi atas Sabda Allah mesti menjadi tindakan wajib bagi Orang Muda Katolik. Dari pengalaman-pengalaman yang pernah saya lewati, dapat saya tarik kesimpulan bahwasannya kaum beriman kristiani, berkat baptisan diangkat oleh Allah menjadi anggota Tubuh Kristus, terhimpun menjadi Umat Allah, dengan cara mereka sendiri mesti ikut secara aktif mengembankan tugas imamat, kenabian dan rajawi Kristus dan dengan demikian sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing melaksanakan perutusan kepada segenap umat kristiani dalam Gereja dan dunia.

Demi terwujudnya keinginan hidup menggereja di kalangan Orang Muda Katolik, maka berbagai usaha, baik spiritual maupun fisik, mesti mendapat perhatian yang serius dari Gereja (terutama hirarkhi) dan usaha-usaha ini hendaknya dilakukan secara terus-menerus, tanpa henti; sebab apabila Gereja tidak melaksanakan tugas ini, maka Gereja sebenarnya secara tidak langsung menunjang struktur-struktur yang salah yang terjadi dalam masyarakat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar