Minggu, 04 Januari 2015

PENGALAMAN PRIBADI BAB 10



PENGALAMAN PRIBADI

            Prasangka adalah sikap yang negatif terhadap sesuatu, setiap orang pasti pernah yang namanya berprasangka, terutama berprasangka terhadap orang di sekitarnya. Karena jika seseorang tidak merasa nyaman pada lingkungan sekitarnya mungkin bisa berprasangka buruk terhadap situasi tersebut. Namun tidak semua prasangka itu buruk , masih banyak orang yang berprasangka baik terhadap suatu hal misalnya dia percaya bahwa seseorang yang ia tugaskan mengerjakan sesuatu dapat berkerja secara maksimal.
            Dalam hal ini saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya tentang judul diatas . Dalam sebuah organisasi kemasyarakatan seperti karang taruna yang harusnya selalu kompak, tidak saya duga bahwa anggota karang taruna membuat grup dalam organisasi. Tentu saja hal seperti ini tidak membuat jalannya organisasi menjadi baik. Grup ini hanya berisikan orang-orang yang hebat dalam bermain futsal. Dan selalu menjelek-jelekan anggota yang tida atau kurang bisa bermain futsal. Saya sebagai ketua karang taruna  sudah mencoba menegur grup tersebut yang merupakan teman saya sendiri, namun hal tersebut benar-benar tidak dihiraukan. Bahkan saya sampai mencoba bantuan Pembina kami . Namun tak kunjung berhasil, mereka masih tetap ingin mempertahankan grup tersebut dalam organisasi. Tetapi ketika karang taruna mengadakan acara camping mereka benar-benar kewalahan membangun tenda sendiri, dan memohon saya untuk membantu membuatkanya. Semenjak itu mereka mulai menyatu dengan anggota lainnyadan tidak membuat grup dalam organisasi lagi.
             Jelas sudah  pelajaran yang kita bisa petik yaitu ,bahwa suatu saat seseorang akan membutukan bantuan orang lain. Jadi janganlah kita mendiskriminasi suatu kelompok yang ilmunya rendah dibawah kita , seharusnya kita membagi ilmu kita dengan mereka, karena setiap orang pasti memiliki ilmu jadi bisa saling bertukar ilmu dan membuat suatu ketergantungan satu sama lain, dapat di katakana simbiosismutualisme.
            Sekian dari cerita pengalaman saya tentang Prasangka Diskriminasi dan Etnosentrisme. Semoga saya harap kita adalah orang yang suka merangkul kalangan orang lemah dan tidak suka membeda-bedakan satu sama lain. Terimakasih dan salam anti diskriminasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar