PENGALAMAN PRIBADI
ISD sangat berguna untuk pelajar dan mahsiswa untuk bekal kita
ketika kita mengalami masalah yang rumit yang harus tepat untuk menyelesaikan
permecahan masalah tersebut.Dengan adanya pelajaran ISD sebagai Mata Kuliah
Dasar Umum mahasiwa mampu untuk menerapkannya di lingkungan luar kampus.Sebagai
saya yang mempelajari ISD sebagai MKDU saya mendapatkan pengalaman yang begitu
rumit ketika kita menyelesaikan masalah dengan seorang tamu ketika waktu saya
PKL (Praktek Kerja Lapangan) di suatu hotel ternama di Jakarta.Sebelum saya
mempelajari MKDU saya telah belajar IPS yang hampir mirip dengan MKDU.IPS ini juga telah membekali wawasan
ketika kita menghadapi suatu masalah dengan kepala dingin tidak terbawa emosi
yang dapat menimbulkan masalah yang baru sehingga kita terfokus untuk
menyelesaikan permasalahan dengan pemecahan masalah tersebut dengan tepat dan
cepat.
Ketika saya kuliah banyak pengalaman juga yang membuat saya terkejut
dengan masalah-masalah yang baru di ruang lingkup perkuliahan.Seperti
berkenalan dengan teman baru,beradaptasi dengan lingkungan kampus dan
beradaptasi dengan orang yang kita tidak kenal,sistem pelajaran yang baru dan
bagaimana saya dapat mengatur waktu saya dengan tepat sehingga saya bisa
menyelesaikan masalah-masalah saya dengan baik.
Pertama-tama
saya memberanikan diri berkenalan dengan teman samping bangku saya,lalu saya
memberanikan diri untuk berkenalan dengan lainnya.saya
juga beradaptasi dengan lingkungan kampus saya yang di SMA hanya muridnya
sedikit dan di perkuliahan muridnya saya banyak.Dan
sistem pelajaran yang di berikan yaitu dosen memberikan tugas setiap hari
sehingga saya harus mengatur strategidan mengubah sistem belajar saya untuk
dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.Diperkuliahan juga kita harus
aktif dalam bertanya sehingga kita tidak tertinggal pelajaran dan informasi
dari kampus atau tidak salah mengerjakan tugas dan mendapatkan informasi yang
salah juga.Diperkuliahan sistem yang digunakan adalah sistem aktif dan kemandirian.Aktif dimana kita bertanya dan
kemandirian yaitu dengan kita mencari informasi sendiri bukan yang diberikan
kertas selebaran pengumuman seperti halnya kita di SMA,yang muridnya
mengandalkan guru untuk membimbing kita.
Pelajaran ISD
ini mengembangkan mahasiswa untuk mempunyai kepribadian yang baik dan tertata
sehingga kita bermanfaat bagi masyarakat di luar kampus atau di ruang lingkup
kampus.Tujuannya untuk mahasiswa mampu mempunyai kepekaan masalah yang timbul
di masyarakat dan untuk memecahkan masalah tersebut dengan cepat.Mengembagkan
pola pikir mahasiswa agar dapat berpkikir dengan logis yang tidak menggunakan
emosi.
Dan dalam hal
ini kita dapat menyimpulkan bahwa pelajaran ISD ini sangat penting untuk
mahasiswa yang sedan mengembangkan wawasan dan menggemabangkan pribadi yang
baik,yang dapat membantu masyarakat.Bukan
hanya mahasiswa yang pasif yang hanya belajar di kelas dan tidak meningkatkan
potensinya untuk memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah sosial .Manusia
merupakan makhluk sosial yang tidapat dapat hidup sendiri melainkan bergantung
satu sama lainnya.Maka manusia tersebut
mempunyai karakter yang berbeda-beda mempunyai pola pikir yang
berbeda-beda,emosional yang berbeda-beda maka hal tersebut mahasiswa harus
dibekali dengan mata kuliah ISD sebagai bekal kita untuk dapat bermasyarakat
dengan baik.Masalah sosial dapat timbul karena manusia berbeda pendapat.
Saran saya
harusnya setiap pendidikan negeri atau pendidikan swasta harus ada mata kuliah
ISD .karena ISD sebagai patokan mahsiswa untuk belajar berinteraksi dengan
masyarakat sosial.yang nantinya tidak
terkejut dalam hal menyelesaikan masalah lingkungan kerja kalau kita sudah
bekerja nanti.Harus cekatan dalam
mengahadapi masalah sehingga kita tidak dapat tertipu oleh orange-orang yang
akan membuat kita jatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar