Minggu, 04 Januari 2015

PENGALAMAN PRIBADI BAB 1



PENGALAMAN PRIBADI
ISD sangat berguna untuk pelajar dan mahsiswa untuk bekal kita ketika kita mengalami masalah yang rumit yang harus tepat untuk menyelesaikan permecahan masalah tersebut.Dengan adanya pelajaran ISD sebagai Mata Kuliah Dasar Umum mahasiwa mampu untuk menerapkannya di lingkungan luar kampus.Sebagai saya yang mempelajari ISD sebagai MKDU saya mendapatkan pengalaman yang begitu rumit ketika kita menyelesaikan masalah dengan seorang tamu ketika waktu saya PKL (Praktek Kerja Lapangan) di suatu hotel ternama di Jakarta.Sebelum saya mempelajari MKDU saya telah belajar IPS yang hampir mirip dengan MKDU.IPS ini juga telah membekali wawasan ketika kita menghadapi suatu masalah dengan kepala dingin tidak terbawa emosi yang dapat menimbulkan masalah yang baru sehingga kita terfokus untuk menyelesaikan permasalahan dengan pemecahan masalah tersebut dengan tepat dan cepat.
Ketika saya kuliah banyak pengalaman juga yang membuat saya terkejut dengan masalah-masalah yang baru di ruang lingkup perkuliahan.Seperti berkenalan dengan teman baru,beradaptasi dengan lingkungan kampus dan beradaptasi dengan orang yang kita tidak kenal,sistem pelajaran yang baru dan bagaimana saya dapat mengatur waktu saya dengan tepat sehingga saya bisa menyelesaikan masalah-masalah saya dengan baik.
Pertama-tama saya memberanikan diri berkenalan dengan teman samping bangku saya,lalu saya memberanikan diri untuk berkenalan dengan lainnya.saya juga beradaptasi dengan lingkungan kampus saya yang di SMA hanya muridnya sedikit dan di perkuliahan muridnya saya banyak.Dan sistem pelajaran yang di berikan yaitu dosen memberikan tugas setiap hari sehingga saya harus mengatur strategidan mengubah sistem belajar saya untuk dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.Diperkuliahan juga kita harus aktif dalam bertanya sehingga kita tidak tertinggal pelajaran dan informasi dari kampus atau tidak salah mengerjakan tugas dan mendapatkan informasi yang salah juga.Diperkuliahan sistem yang digunakan adalah sistem aktif dan kemandirian.Aktif dimana kita bertanya dan kemandirian yaitu dengan kita mencari informasi sendiri bukan yang diberikan kertas selebaran pengumuman seperti halnya kita di SMA,yang muridnya mengandalkan guru untuk membimbing kita.
Pelajaran ISD ini mengembangkan mahasiswa untuk mempunyai kepribadian yang baik dan tertata sehingga kita bermanfaat bagi masyarakat di luar kampus atau di ruang lingkup kampus.Tujuannya untuk mahasiswa mampu mempunyai kepekaan masalah yang timbul di masyarakat dan untuk memecahkan masalah tersebut dengan cepat.Mengembagkan pola pikir mahasiswa agar dapat berpkikir dengan logis yang tidak menggunakan emosi.
Dan dalam hal ini kita dapat menyimpulkan bahwa pelajaran ISD ini sangat penting untuk mahasiswa yang sedan mengembangkan wawasan dan menggemabangkan pribadi yang baik,yang dapat membantu masyarakat.Bukan hanya mahasiswa yang pasif yang hanya belajar di kelas dan tidak meningkatkan potensinya untuk memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah sosial .Manusia merupakan makhluk sosial yang tidapat dapat hidup sendiri melainkan bergantung satu sama lainnya.Maka manusia tersebut mempunyai karakter yang berbeda-beda mempunyai pola pikir yang berbeda-beda,emosional yang berbeda-beda maka hal tersebut mahasiswa harus dibekali dengan mata kuliah ISD sebagai bekal kita untuk dapat bermasyarakat dengan baik.Masalah sosial dapat timbul karena manusia berbeda pendapat.
Saran saya harusnya setiap pendidikan negeri atau pendidikan swasta harus ada mata kuliah ISD .karena ISD sebagai patokan mahsiswa untuk belajar berinteraksi dengan masyarakat sosial.yang nantinya tidak terkejut dalam hal menyelesaikan masalah lingkungan kerja kalau kita sudah bekerja nanti.Harus cekatan dalam mengahadapi masalah sehingga kita tidak dapat tertipu oleh orange-orang yang akan membuat kita jatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar