Rabu, 02 Oktober 2013

Miss Word



1IDO8-Tugas Pertama-Ilmu Budaya Dasar

Tugas No.1 :
Pendapat saya mengenai diadakannya acara Miss Word di Indonesia adalah setuju. Karena acara tersebut adalah bersifat internasional dimana diikuti ratusan negara dari berbagai benua. Yang dimana Indonesia dapat lebih berkesempatan untuk memperkenalkan budaya-budaya yang ada di Indonesia kepada para peserta acara dan kepada masyarakat dunia yg menontonnya. Dan dari acara ini, dapat memberi kesempatan kepada lebih dari 50 designer lokal (Indonesia) untuk memperkenalkan karyanya dengan ikut andil dalam busana para perserta Miss Word tersebut sebagai contoh dengan kostum kain balinya.
Alasan selanjutnya adalah dapat menunjukan bahwasanya Indonesia adalah bangsa yang mempunyai budaya yang bermoral, dengan tidak adanya penggunaan pakaian bikini dalam penampilan pesertanya disemua sesi acara. Lalu dengan diadakannya acara Miss Word ini di Indonesia, maka banyak keuntungan yang dapat diambil yaitu pengenalan Pulau Bali sebagai pulau pariwisata menjadi lebih luas sehingga akan menjadi daya tarik khususnya untuk wisatawan-wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali yang dapat menyebabkan pendapatan daerah dan pemerintahan meningkat
Di sisi lain, dapat menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia karena sebagai negara asia pertama yang menyelenggarakan acara Miss Word tersebut. Namun ada yang sangat disayangkan agenda-agenda para peserta yg seharusnya dapat mengunjungin tempat-tempat pariwisata  lainnya di Indonesia seperti candi borobudur dan sebagainya batal. Dan para peserta hanya di fokuskan di pulau Bali. Tetapi hal tersebut tidak ada efek untuk mensukseskan acara tersebut. Dan sebagai bukti bahwa Indonesia sudah sukses dalam menyelenggarakan acara itu adalah adanya pengakuan dari para peserta dan orang asing yang sangat terkesan dan senang sudah ada di Bali dengan keanekaragaman budayanya.
Tugas No.2 :
            Kasus permasalahan kebudayaan yang ada di lingkungan tempat tinggal menurut saya adalah kurangnya ketertarikan dengan bahasa daerah, karena disini termasuk jawa barat jadi bahasa sunda. Banyak orang terutama kawula muda yang tidak mengerti arti dari bahasa sunda. Padahal tinggal di jawa barat tetapi tidak mengerti bahasa daerah jawa barat itu sendiri. Cara mengucapkannya, arti dari kata tersebut, penulisannya dll banyak orang yang tidak tahu. Jadi kesimpulan menurut saya permasalahan bahasa sunda yang saat ini sudah jarang didengar, untuk itu semua orang harus lebih mencintai dan mau menggunakan bahasa-bahasa daerah yang sangat beragam, terutama bahasa sunda itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar