Rabu, 27 November 2013

Tugas IBD -ke-7





-           Hal yang akan saya lakukan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri adalah dengan cara mengadakan pertukaran budaya melalui pertukaran pelajar atau mahasiswa. Dengan adanya program ini, para pelajar atau mahasiswa yang terpilih mampu memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada negara yang dikunjunginya dan dapat dijadikan wahana belajar untuk mengenal budaya satu sama lain. Sebagai contoh bilamana pelajar tersebut ke negara Jepang untuk study banding pelajar. Orang tersebut dapat dengan langsung memperkenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Jepang misalnya memberi informasi tentang tari pendet, tari tortor, angklung bahwa itu adalah milik Indonesia dan pelajar tersebut dapat memberi contoh gerakan tari atau kesenian yang ada di Indonesia. Program yang kedua yakni mengadakan pertunjukan budaya di luar negeri. Indonesia membuat acara dan menampilkan kesenian atau budaya kepada para penonton yang pastinya adalah warga sekitar (orang luar negeri), dengan itu orang luar tahu bahwa budaya Indonesia seperti itu. Ataupun Indonesia aktif dalam mengikuti ajang-ajang yang diselenggarakan dalam skala internasional contohnya miss universe, kontes peragaan busana. Dan juga mengikuti pameran-pameran agar budaya Indonesia bisa go internasional. Bila semua program tersebut dapat terlaksanakan niscaya budaya-budaya yang ada di Indonesia dapat lebih dikenal oleh orang luar negeri dan semua negara mengetahui bahwa budaya tersebut adalah budaya Indonesi.

-           Bila ada masyarakat yang berjasa atau berkontribusi terhadap budaya Indonesia, saya akan memberikan sebuah penghargaan ataupun memberikan  royalti karena tidak mudah untuk melestarikan budaya Indonesia dalam kondisi dimana masyarakat sekarang sudah terkontaminasi dengan budaya luar. Semoga dengan adanya penghargaan tersebut, dapat memacu masyarakat untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya Indonesia agar budaya kita tidak tergerus oleh budaya asing. Karena anak cucu kita juga harus tahu apa saja budaya-budaya yang ada di Indonesia

-           Cara saya untuk membentuk perilaku masyarakat agar memiliki kesadarandalam berbudaya adalah memberikan penyuluhan kepada tiap-tiap warga untuk lebih mejunjung tinggi nilai budaya Indonesia.  Serta mengenalkan budaya sejak dini dari peran sekolah baik tingkat SD, SMP, maupun sampai Perguruan Tinggi. Kita tahu bahwa budaya Indonesia semakin lama semakin dilupakan oleh warganya sendiri. Untuk itu, saya ingin menanamkan rasa berbudaya sejak kecil agar dikemudian hari budaya-budaya tersebut tidak disalahgunakan. Dan yang terakhir saya akan membuat peraturan atau norma-norma kehidupan. Kita tahu bahwa budaya dalam arti luas tidak hanya kesenian saja. Tetapi juga meliputi bahasa, cara berperilaku, sopan santun, dll. Disini saya melihat bahwa masyarakat sudah tidak banyak yang menggunakan nilai-nilai dalam berbudaya. Sebagai contoh bertutur kata yang sopan, berperilaku yang baik maupun berpakain yang baik sesuai dengan budaya Indonesia. Sudah jarang sekali kita melihat masyarakat yang berpedoman seperti itu, masyarakat kita sudah terbiasa dengan budaya luar/budaya asing. Untuk itu, norma-norma tersebut dibuat  bertujuan agar masyarakat bisa mengingat dan mempunyai acuan dalam kehidupan berbudaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar